Teknik Kimia Industri

Teknik Kimia Industri

Kompetensi Keahlian Kimia Industri SMK Negeri 4 Batam telah berdiri sejak tahun 2008 merupakan jurusan terakreditasi A, yang diusulkan ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, berdasarkan hasil dari analisa kebutuhan pasar dunia kerja baik di kawasan Batam dan sekitarnya.

Secara definisi kimia industri adalah ilmu teknik yang mempelajari kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan produksi barang-barang yang berguna secara ekonomis yang melibatkan peristiwa fisik dan atau kimia. Teknologi yang dibutuhkan dalam kimia industri mencakup semua aspek yang terlibat di dalam proses industri kimia baik rekayasa teknologi, ekonomi maupun sosial. Aspek rekayasa menjadi porsi utama meliputi analisa, sintesa proses, perancangan, operasi alat proses, pengendalian proses dan alat proses. Begitu juga analisa permodalan, biaya produksi serta marketing merupakan aspek ekonomi yang tidak terpisahkan dari ilmu teknik.

Cakupan kerja bidang kimia industri dapat meliputi produksi serta jasa. Pada produksi, lulusan smk kimia industri akan digunakan sebagai operator level II, meliputi berbagai industri kimia baik industri pengolahan minyak dan gas bumi, refilling gas, oleochemicals, pulp & paper, minyak goreng, pupuk, semen, plastik, elektroplating, produk kebutuhan rumah tangga seperti sabun mandi, detergen, sabun cuci piring, pembersih lantai, serta produk-produk makanan dan lain-lain. Untuk jasa analisis kimia, banyak digunakan sebagai tenaga sampling di perusahaan-perusahaan seperti PT Sucofindo, PT Surveyor Indonesia, maupun inspector quality control di beberapa perusahaan produksi.